Sebalor, Manusia dan alam merupakan satu kesatuan, keduanya merupakan elemen yang tak bisa dipisahkan. Hubungan keduanya pun menjadi keniscayaan. Hal ini terbukti dengan adanya ritual bersih desa, sebagai wujud penghormatan manusia terhadap alam. Bersih Desa merupakan sebagai wujud rasa syukur warga atas berkat yang diberikan Tuhan kepada masyarakat desa, baik dari hasil panen, kesehatan, dan kesejahteraan yang telah diperoleh selama setahun dan juga sebagai permohonan akan keselamatan dan kesejahteraan warga desa untuk satu tahun mendatang.

Bersih desa ini dilakukan di Balai Desa pada hari Kamis 15 Agustus 2019 dengan rangkaian acara pagi kataman Al-Qur’an dan siang hari jam 13.00 wib dilanjutkan dengan sedekahan nasi ambeng lodo ingkung, dengan maksud sebagai ungkapan rasa syukur serta mendatangkan berkah bagi semua warga Desa.

Galeri

Adapun undangan yang mengikuti kegiatan ini adalah tokoh masyarakat, Perangkat Desa, BPD, LPMD, RT/RW serta warga Desa yang mempunyai sawah di desa dengan masing-masing membawa Nasi Ambeng 1 ember, serta semua warga Desa.

Dalam rangkaian acara Kenduri ini sebelum pembagian nasi ambengnya terlebih dahulu dilakukan panjatan-panjatan do’a dengan diawali pembacaan doa-doa yang dihaturkan kepada leluhur Desa serta untuk semua warga desa agar selamat dan mendapatkan keberkahan.

Bagaimana reaksi anda mengenai artikel ini ?